KPU Soppeng Resmi Umumkan Pemenang Sayembara Maskot Pilkada 2024

KPU Soppeng Resmi Umumkan Pemenang Sayembara Maskot Pilkada 2024

Jumat, 10 Mei 2024

Soppeng-karebakita.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan telah mengumumkan pemenang sayembara Maskot dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. 

Dari 8 peserta yang mendaftar hanya 7 orang yang berhasil mendapat penilaian dari tim Juri sayembara maskot Pilkada Soppeng 2024.

1 orang peserta telah dinyatakan tidak memenuhi syarat karena melewati jadwal pendaftaran peserta yang berakhir pada tanggal 7 Mei 2024 pukul 23.59 wita. 

Disamping itu juga tidak memenuhi unsur lainnya sesuai ketentuan penilaian. 

Dari semua peserta terdapat 3 orang pemenang yang masing-masing berhak mendapatkan hadiah uang dari penyelenggara. 

Untuk juara pertama, kedua, dan ketiga, dengan total hadiah sebesar Rp 10 juta. 

Proses penilaian dan pengumuman karya berlangsung sejak 8 Mei hingga 11 Mei 2024.

Ketua KPU Soppeng, Irwan Usman, menyatakan bahwa setelah melalui beberapa tahapan seleksi, telah dipilih 3 pemenang dari total 7 peserta.

“Dari kategori penilaian dan ketentuan sayembara Maskot, dipilih 3 orang pemenang berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan oleh dewan juri ,” ujarnya. 

Irwan Usman menyebut bahwa karya-karya pemenang secara resmi menjadi hak cipta KPU Soppeng.

“Dari tiga pemenang, hanya satu yang akan diproduksi oleh KPU Soppeng. 

"Sementara dua pemenang lainnya akan menerima hadiah saja,” jelasnya.

Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Soppeng Lanyalla Soewarno, menuturkan bahwa dari total 7 peserta, hanya 3 yang berhasil meraih gelar juara.

"Pemenang sayembara maskot Pillada Soppeng 2024, Juara pertama mendapatkan hadiah uang sebesar Rp. 5 juta, pemenang kedua mendapatkan Rp. 3 juta dan pemenang ketiga mendapatkan uang sebesar Rp. 2 juta, jadi totalnya sebesar Rp. 10 juta, urainya. 

"Sayembara Maskot  ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendorong kreativitas masyarakat yang bukan hanya dari kabupaten Soppeng namun juga dari luar soppeng. 

“Kami menerima karya dari tanggal 26 April hingga tanggal 7 Mei 2024, kemudian dilakukan seleksi penilain oleh dewan juri dan sekarang, kami mengumumkan pemenangnya dan memberikan hadiah,” jelas L Soewarno. 

"Hasil karya pemenang pertama sayembara maskot akan menjadi ikon yang akan memeriahkan Pilkada Soppeng 2024.

“Semoga Maskot ini dapat menjadi semangat bagi masyarakat Kabupaten Soppeng dalam pelaksanaan Pilkada 2024 nantinya,” harap L Soewarno sebagai penanggung jawab sayembara. 

Sementara itu, Ketua Dewan Juri Asmini berharap Maskot Pilkada Soppeng 2024 dapat mengundang partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilukada Soppeng yang rencananya akan digelar pada 27 November 2024 mendatang. 

“Dengan adanya sayembara ini, kami berharap dapat menciptakan Maskot untuk medapatkan memotivasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya,” pungkasnya.

Adapun pemenang pertama yakni 1. PANNING (Pilkada Aman teNtram daN damaI KabupateN SoppenG) hasil karya dari Akyar Sukardi alamat Jalan Kemakmuran Kabupaten  Soppeng Ruko Husad Permai no 11.

2. SIKALONG (demokraSI masyaraKAt di piLkada SOppeNG) hasil karya dari
Muhammad Asrul Hariadi alamat Desa Punranga Kecamatan Ma'rang Kabupaten Pangkep provinsi Sulawesi Selatan. 

3. LA MARIO (ajakan untuk menyambut pilkada soppeng dengan riang gembira dan sukacita dengan simbol harapan akan lahirnya kemakmuran) hasil karya Rahmat Afrianto, alamat Bellalao Desa Soga Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. 

Juara 1. Rp. 5.000.000,-
Juara 2. Rp. 3.000.00p, -
Juara 3 Rp. 2.000.000,-

(Red)