Pebiasaan Sholat Dhuha Bersama Di SDN 238 Laempa

Pebiasaan Sholat Dhuha Bersama Di SDN 238 Laempa

Rabu, 31 Januari 2024

  


Pembiasaan shalat dhuha sebelum memulai pembelajaran dilakukan oleh siswa SD Negeri 238 Laempa, Kel. Lalabatarilau, Kec. Lalabata, Kab. Soppeng, Rabu (31/01/ 2024).

Rutinitas religius ini sengaja ditanamakan kesetiap siswa, agar siswa SD Negeri 238 Laempa dapat memulai proses pembelajaran dengan penuh semangat dan merasakan ketenangan batin saat menuntut ilmu.

Selain tujuan bekal dunia akhirat, Shalat Dhuha berjamaah melatih kedisiplinan siswa untuk membiasakan diri agar tetap konsisten dalam beribadah.

Andi Sudirman, S.Pd, Guru Agama SD Negeri 238 Laempa mengatakan, “praktek sholat Dhuha berjamaah ini merupakan kegiatan rutin, yang dilakukan setiap hari Rabu. Tujuan dilakukan agar menjadi pembiasaan baik yang bisa di terapkan di rumah,” Ungkapnya 

Pembiasaan ini akan menjadikan anak memiliki karakter yang lebih baik, mampu memberi contoh kepada orang disekitar dan lingkungannya yang belum terbiasa sholat dhuha setiap hari dirumah.

Anak-anak adalah peniru ulung, apa yang mereka lihat dan dengar itu yang cepat diserap, seperti spoon yang mampu menyerap baik dan buruk yang mereka lihat dan dengar terutama anak usia dini sehingga metode yang kami ajarkan adalah praktek secara langsung menjadi pembiasaan anak-anak setiap hari.

"Jika anak dilatih sejak dini akan semakin dekat dengan pendidikan agama dan akan semakin memahami kewajibannya sebagai umat Islam", tutup Andi Sudirman.