Iriana Jokowi Hadiri Pembukaan Pameran Kerajinan Nusantara

Iriana Jokowi Hadiri Pembukaan Pameran Kerajinan Nusantara

Rabu, 13 September 2023



JAKARTA, KAREBAKITA—Bertempat di Jakarta Convention Center ( JCC ) Rabu ( 13/09/2023 ) Ibu Negara Iriana Jokowi resmi membuka pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) 2023. 
Pameran yang berlangsung mulai 13-17 September 2023 ini, menjadi panggung bagi para perajin terampil dari seluruh penjuru negeri untuk memamerkan karya mereka. 

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, pameran Kriyanusa tahun 2023 saya buka,” ujar Iriana saat membuka pameran di Jakarta Convention Center (JCC),

Pameran Kriyanusa digelar oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Pada tahun ini tema yang diusung adalah 'Kriya Unggul, Indonesia Maju'. Kegiatan itu juga sekaligus mempromosikan dan mendorong kriya unggul sebagai salah satu aset berharga di Indonesia.

Ketua Panitia Pameran Kriyanusa 2023, Sri Suparni Bahlil menyatakan, pameran tidak hanya menampilkan kerajinan tangan yang unik, tetapi juga memperlihatkan semangat, inovasi, dan kreativitas atas produk yang dihasilkan.

Tak hanya itu, penyelenggaraan Kriyanusa juga merupakan wujud nyata Dekranas pengembangan kapasitas pelaku usaha kriya yang bertujuan mendorong penciptaan dan pengembangan produk kriya lokal sekaligus melestarikan citra budaya seluruh daerah di Indonesia.

Sri menuturkan bahwa pameran Kriyanusa menghadirkan sebanyak 307 stan pameran yang berasal dari Dekranasda Provinsi, Kabupaten/Kota, kementerian, serta lembaga. Sri mengatakan, pameran tersebut melibatkan persaingan nasional untuk mengembangkan dan menampilkan produk unggulan khas Indonesia.

"Utamanya dapat membuka pandangan para pelaku usaha terhadap perkembangan desain terkini yang sesuai dengan selera pasar," ucap Sri

"Pameran ini salah satu sarana untuk membantu pemasaran produk-produk binaan Dekranasda dan memberikan ruang bagi industri kerajinan Nusantara untuk terus berupaya memunculkan kreativitas dan inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja usahanya.

Di era yang dipenuhi teknologi canggih dan kemajuan ekonomi, lanjut Sri Suparni Bahlil, Indonesia menemukan daya tarik dan keunggulannya dalam sebuah aset tak ternilai yaitu produk kriya. 

Aset itu menjadi semakin penting dalam mengembangkan identitas nasional dan berperan besar dalam mendukung ekonomi kreatif di Tanah Air. 

Para perajin lokal sangat terampil menggabungkan tradisi dan inovasi untuk menciptakan produk yang memikat pasar global. Dengan sentuhan kreatif mereka, produk kriya seperti batik, wastra, anyaman, gerabah, ukiran telah menarik perhatian konsumen di seluruh dunia. Hal tersebut adalah langkah awal dalam perjalanan panjang menuju Indonesia yang lebih maju. 

“Pemerintah, perajin, akademisi, komunitas, media dan seluruh lapisan masyarakat pecinta kriya harus terus bekerja bersama-sama untuk mengembangkan kriya unggul sebagai sumber daya ekonomi dan budaya yang tak ternilai,” ungkap Reni Yanita, Sekretaris Jenderal Dekranas sekaligus Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian.

Ini juga adalah peluang bagi investasi yang dapat mendukung para perajin dan pelaku industri kriya untuk berkembang dan bersaing secara global. 

Usai acara pembukaan Kriyanusa, Ibu Negara dan anggota OASE KIM turut mengunjungi sejumlah stan pameran Kriyanusa yang menghadirkan produk-produk kriya lokal.(Red )