Pameran Benda Pusaka Gau Maraja La Patau Matanna Tikka Resmi Dibuka Bupati Soppeng

Pameran Benda Pusaka Gau Maraja La Patau Matanna Tikka Resmi Dibuka Bupati Soppeng

Rabu, 19 Juli 2023


SOPPENG, KAREBAKITA—Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak SE membuka secara resmi pameran benda pusaka festival Gau Maraja Lapatau matanna tikka (LPMT) 2023 yang berlangsung di halaman rujab Bupati Soppeng, Ahad 16 Juli 2023

Kegiatan itu diawali dengan Doa bersama yang dipimpin langsung oleh H. Asis Makmur, S.Pd M, Pd
Foto :Ayyi Iskandar (ist)

Panitia pelaksana Ayyi dalam laporannya mengungkapkan bahwa Kegiatan pameran pusaka tahun ini dihadiri sebanyak 72 komunitas pusaka dan 30 pemerhati perseorangan sementara jumlah bilah yang dipamerkan dalam acara ini sebanyak 720 yang berasal dari para pemerhati para sahabat yang yang berasal dari berbagai wilayah di nusantara.

Kami sampaikan kepada para peserta pameran bahwa acara ini terlaksana berkat ide dan gagasan dari bapak bupati Soppeng kalaupun dalam pelaksanaan kegiatan ini terdapat kekurangan kami atas nama panitia memohon maaf sebesar-besarnya,”Harapnya
Foto: A. Pallawagau Karrang (ist)

Sementara Ketua komunitas Pusaka Bumi Lasinrang A. Pallawagau Karrang y mengucapkan terima kasihnya kepada panitia terutama Bupati Soppeng atas pelayanan selama berada di kabupaten Soppeng.


“Selama kami mengikuti pameran di beberapa daerah disulsel, pameran di Soppeng inilah merupakan yang terbesar dan termegah termasuk dalam pelayanan bagi teman-teman peserta.” ujarnya.

Dikesempatan yang sama Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak dalam sambutannya menyampaikan bahwa, komunitas komunitas benda pusaka yang ada di Sulsel sangat luar biasa, Karena hal seperti ini merupakan suatu cara untuk mempertahankan Sejarah masa lampau melalui pusaka pusaka yang ada di daerah masing-masing.

“kondisi sekarang banyak masyarakat menganggap hal seperti ini sudah tidak sesuai dengan syariat agama, padahal ini suatu Budaya yang harus dipertahankan, oleh itu kita harus menyakinkan semua pihak bahwa segala sesuatu berpulang kepada keyakinan dan kepercayaan masing-masing”, ujar Kaswadi.

Kaswadi menghimbau kepada seluruh peserta untuk tetap mempertahankan keaslian dari benda pusaka yang di milikinya karena tidak bisa dipungkiri semua benda benda bersejarah ada lontaranya.

Kegiatan turut pula di hadiri anggota Forpimda kabupaten Soppeng, Anggota DPR RI A. Yuliani Paris , para Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Soppeng, para peserta dan pemerhati benda