Dukcapil Soppeng Bantu Terbitkan Dokumen Warga Korban Kebakaran di Cappa Cennoe Desa Belo

Dukcapil Soppeng Bantu Terbitkan Dokumen Warga Korban Kebakaran di Cappa Cennoe Desa Belo

Rabu, 23 Maret 2022



SOPPENG.KAREBAKITA.COM-Kebakaran yang menghanguskan bagian belakang rumah Hamka warga dusun Cennoe Desa Belo Kecamatan Ganra, Selasa 22 Maret 2022 turut menjadi perhatian Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Soppeng.

Pasalnya, dokumen kependudukan berupa Kartu Keluarga milik korban kebakaran ini juga ikut terbakar.

Pasca menerima informasi ini, Kadis Dukcapil Kabupaten Soppeng Drs.H.Andi Muhammad Ilham,MM. 
langsung mengarahkan Timnya ke TKP untuk berkoordinasi dan membantu menerbitkan kembali dokumen kependudukan milik korban kebakaran ini. 


" Hal ini dilakukan sebagai bentuk perhatian Pemerintah Daerah melalui Dinas Dukcapil kepada korban kebakaran, sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengurus dokumen sendiri"

"Harapan kami semoga Bapak Hamka bisa bangkit kembali serta dilancarkan rezkinya. juga membantu melapangkan hati keluarga yang tertimpa musibah."
 
Pemerintah Daerah melalui Dinas Dukcapil Soppeng bertekad memberikan pelayanan yang membahagiakan masyarakat serta melaksanakan amanat Peraturan Presiden nomor 96 tahun 2018.

Sementara itu, Anggota Tim Pelayanan Dukcapil Asriadi,A.Ma.,S.Sos yang langsung turun ke TKP guna melakukan koordinasi dan konsultasi kepada pemilik rumah dan pemerintah desa setempat serta melakukan pendataan dokumen warga usai diterbitkannya kembali
dokumen kependudukan ini langsung menyerahkan dokumen milik Hamka ke kantor Desa Belo dan diterima loleh Kasi Pemerintahan Desa Belo Baharuddin.

Kepala Desa Belo Wahyu Azharie A. S.IP menyampaikan terima kasih banyak kepada pihak yang turut membantu warganya yang mengalami musibah kebakaran tersebut.

" Terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu meringankan penderitaan warga kami yang tertimpa musibah kebakaran ini" ujarnya 

Menurut Wahyu Azharie, kebakaran yang menimpa rumah korban dipicu oleh sampah terbakar di samping rumah korban dan diduga menimbulkan percikan api ke bagian belakang rumah..

"Berdasar penuturan saksi mata atas nama Halija dan Amiruddin di duga ada sampah terbakar disamping rumah Bapak Hamka sehingga di duga ada percikan api naik diatas rumah bagian belakang tepatnya, pada tumpukan kasur sehingga api membesar dan menjalar kedinding bagian belakang, namun belum sempat menjalar keseluruh bagian rumah korban api berhasil dipadamkan pada pukul 17.54 wita oleh warga sekitar dan bantuan 1 unit Damkar Kec. Ganra"

"Saya menghimbau kepada semua warga bagi yang mau meninggalkan rumah agar memeriksa dulu dapur atau colokan listrik dan benda benda yang bisa menimbulkan kebakaran demi untuk mencegah hal hal yang kita tidak diinginkan bersama terutama sampah disekitar pekarangan rumah agar selalu dibersihkan demi untuk mencegah hal hal yang bisa menimbulkan bencana"tandasnya

Sekadar diketahui, pada saat kebakaran, rumah milik korban dalam keadaan kosong karena pemilik rumah pergi,membawa kelapa ke rumah salah seorang kerabatnya. 

Adapun barang ikut terbakar dalam kejadian tersebut tersebut
Dinding rumah bagian belakang ,3 ( tiga ) buah kasur,Tempat tidur,Dapur rumah,1 ( satu ) pasang kursi,1 (Satu Dokumen Kartu Keluarga).

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut namun korban atas nama Hamka diperkirakan mengalami kerugian materil berkisar jutaan rupiah.