Pemdes Pising Gelar Musdes Perubahan Anggaran Tahun 2021

Pemdes Pising Gelar Musdes Perubahan Anggaran Tahun 2021

Jumat, 12 November 2021


KAREBAKITA.COM, SOPPENG-Pemerintah Desa Pising Kecamatan Donri Donri menggelar Musyawarah Desa (Musdes) dalam rangka penetapan Anggaran Pendapat Belanja Desa (APBDes) Perubahan Tahun Anggaran 2021, di Aula kantor Desa Pising, Jumat(12/11/2021)

Dalam sambutannya Sekertaris Desa Pising Baharuddin, menyampaikan bahwa APBDes Perubahan ini, diperuntukkan pada kegiatan pemberdayaan masyarakat. 

“Hal ini dilakukan Pemerintah Desa bersama BPD dalam upaya percepatan realisasi anggaran dalam perubahan kedua tahun 2021,"Jelas Baharuddin

Sementara itu, Ketua BPD Desa Pising A.Saefullah Tahir,S.Sos, MM berharap musyawarah desa penetapan perubahan APBDes tahun  2021 dapat berjalan dengan lancar, yang dilandasi Perdes No. 10 Tahun 2021

“Musdes perubahan ini merupakan acara yang sudah biasa terjadi dalam sebuah pemerintahan,"Ujar A. Saefullah  

Lebih jauh A. Saefullah mengatakan bahwa dalam suatu perjalanan rumah tangga apalagi sekelas desa yang namanya rencana sering kali tidak sesuai dengan harapan.

"Adanya suatu hal sehingga mengakibatkan perubahan Anggaran yang pernah di tetapkan pada Musdes sebelumnya,” Ujar A.Saefullah Tahir
Ketgam : Penyerahan Rencana Anggaran Perubahan tahun 2021 oleh Ketua BPD A.Saefullah Tahir, S.Sos,MM kepada Pemerintah Desa Pising.

A.Saefullah Tahir,S.Sos, MM menambahkan bahwa dalam pelaksanaan perubahan kegiatan agar didasarkan suatu Berita Acara tujuannya adalah adanya perubahan pengalihan kegiatan karna adanya sesuatu hal yang terjadi dilapangan.

Dalam sambutannya Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Soppeng Buheri Usba mengatakan bahwa pemerintah Desa Pising melakukan penganggaran berdasarkan Instruksi Menteri Desa dan Surat Edaran Menteri Keuangan tentang kegiatan PPKM dan penanganan covid-19 melakukan penyesuaian/refocusing/perubahan anggaran pendapatan dan belanja desa tahun anggaran 2021, dalam pelaksanaan perubahan dengan dasar pokok yang ada di rencana anggaran.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penyerahan dokumen Rencana Anggaran Perubahan Tahun 2021 dari Ketua BPD A.Saefullah Tahir,S.Sos, MM kepada Kepala Desa yang diwakili oleh Sekretaris Desa Baharuddin

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua BPD bersama anggota, perangkat Desa Pising, Kepala Dusun SoliE, Kepala Dusun Amessangeng dan tokoh masyarakat. 

Laporan : Wiryo, Dani