Pemda Soppeng Raih Penghargaan Keluarga Dengan Pencapaian 100 % Target KK Terdata Tepat Waktu

Pemda Soppeng Raih Penghargaan Keluarga Dengan Pencapaian 100 % Target KK Terdata Tepat Waktu

Senin, 30 Agustus 2021



KAREBAKITA.COM, SOPPENG-Pemerintah kabupaten Soppeng raih penghargaan Keluarga dengan Pencapaian 100 % Target KK Terdata "Tepat Waktu" 1 April - 31 Mei 2021 dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Selatan
 
Kegiatan tersebut berlangsung di Lounge Kantor Bupati Soppeng, Senin (30/8/2021)

Kedatangan Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Selatan, Dra. Hj. Andi Ritamariani di sambut Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak SE 

Secara sembolis  perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan Hj Andi Ritamariani menyerahkan piagam penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Soppeng 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak SE berharap semoga data Pendataan Keluarga (PK) tahun 2021 ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, agar program pembangunan dapat tepat sasaran. 

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan, Dra. Hj. Andi Ritamariani menjelaskan bahwa dari 24 Kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan, terdapat 6 Kabupaten yang memenuhi 2 indikator yang tepat waktu dan 100 %, salah satunya adalah Kabupaten Soppeng yang menerima penghargaan langsung dari kepala BKKBN Pusat. 

Untuk indikator yang masuk didalam pendataan yaitu Kependudukan (16 indikator), Keluarga Berencana (9 indikator) dan Pembangunan Keluarga (32 indikator).

Tindak lanjut dari hasil pendataan keluarga ini, menurut Hj A. Ritamariani  agar dimanfaatkan bukan hanya BKKBN tapi bisa dimanfaatkan oleh instansi terkait, salah satunya yaitu kita dapat melihat data keluarga yang memiliki kecenderungan stunting, jumlah kepala keluarga, lansia termasuk jika kita ingin melakukan beda rumah itu semua ada indikatornya yang bisa kita lihat.
 
Saya sampaikan bahwa data BKKBN bukan mengganti data lain, tapi dari data ini kita terintegrasi mana yang kurang karena ini adalah data yang sangat update karena kita lakukan mulai tanggal 1 April sampai 31 Mei 2021, jadi datanya itu baru."Jelasnya

Selain Kabupaten Soppeng, adapun Kabupaten/Kota lain yang mendapat penghargaan ini yaitu Kota Palopo, Kota Pare-Pare, Kab. Barru, Kab. Pangkep, dan Kab. Bantaeng.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dab Keluarga Berencana, Hj. A. Husniati, S.Sos, MM mengatakan bahwa penghargaan ini dapat dicapai dengan menggunakan strategi yaitu turun langsung ke Kecamatan dan Desa untuk memantau semua pengawas dan tim untuk menyelesaikan pendataan dan penginputan agar dapat tepat waktu. 

Alhamdulillah, dengan segala usaha ini Kabupaten Soppeng mendapatkan penghargaan dari BKKBN Pusat."Ujarnya

Lanjut dikatakan saat ini kader yang digunakan adalah kader yang telah terlatih dan bertempat sesuai dengan wilayah domisili masing-masing karena telah menguasai lingkungan sekitarnya dan memudahkan dalam melakukan pendataan. 

Turut hadir, Wakil Bupati Soppeng, Sekretaris Daerah, dan para pengawas KB.