Moringa Oleifera (Daun Kelor),Ini Manfaatnya

Moringa Oleifera (Daun Kelor),Ini Manfaatnya

Kamis, 30 April 2020



Karebakita.com,Moringa Oleifera (Daun Kelor) merupakan superfood yang sedang booming di Eropa. Penelitian pada hewan maupun manusia membuktikan bahwa daun kelor memiliki efek menurunkan kolesterol, menurut penelitian yang terdaftar di NCBI. Untuk diketahui, kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. 


Hipotesa yang muncul efek tersebut merupakan peran dari senyawa bio aktif, sitosterol pada daun kelor. Peran sitosterol atau disebut juga beta sitosterol ini mampu meningkatkan fungsi usus dalam menyerap lemak atau kolesterol sehingga kadar kolesterol yang beredar dalam darah dapat diturunkan. Hal itu dapat mencegah perubahan VLDL menjadi LDL atau lemak jahat. 


Manfaat daun kelor ini dimuat dalam artikel “Phytotherapy Research,” pada tahun 2007, menyimpulkan bahwa ekstrak daun kelor telah memiliki efek stabilisasi pada tekanan darah. Khasiat daun kelor seperti itu ada kerena mengandung zat, seperti thiocarbamate glikosida, nitrile dan glikosida minyak mustard, yang membantu menurunkan tekanan darah. Penelitian yang sama melaporkan bahwa B-sitosterol, bioaktif yang ditemukan dalam daun kelor, dapat membantu menjaga kadar kolesterol agar tetap sehat.


Manfaat Moringa Oleifera (daun kelor)  yang bersumber dari www.ncbi.nlm.nih.gov (pusat publikasi jurnal dan penelitian ilmiah di USA)adalah untuk,


*Membantu Menurunkan Kolesterol & Resiko Penyakit Jantung, Dalam berbagai riset yang dilakukan pada hewan dan manusia, ekstrak Moringa Oleifera (daun kelor) dapat membantu menurunkan kolesterol secara signifikan. Sehingga ekstrak daun kelor ini sangat di rekomendasikan untuk dikonsumsi oleh pasien yang memiliki gangguan pada organ jantung & kardiovasikuler


*Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Mengkonsumsi ekstrak (air rebusan) daun kelor selama 14 hari dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan hal ini ditambahkan Dr. Kintoko, M.Sc., Apt. Beliau Peneliti Herbal Fakultas Farmasi UAD; Kepala Sentra HKI UAD, Alumnus Guangxi Medical University, China


*Membantu Menurukan Kadar Gula dalam Darah, Dalam sebuah riset ilmiah yang melibatkan 30 orang wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi ekstrak daun kelor sebanyak 7gr sehari selama 3 bulan hasilnya kadar gula darah mereka turun hingga 13.5%. Riset lain mengatakan 6 orang pasien dengan kondisi terkena diabetes dianjurkan mengkonsumsi 50gr daun kelor sehari dapat menurunkan kadar gula darah hingga 21%.


*Membantu Menjaga Kesehatan Mata, Moringa memiliki kandungan Beta-carotene (vitamin A) 4x lebih banyak daripada wortel, selain itu juga mengandung Zeaxanthin, Lutein yang kesemuanya itu sudah terbukti secara ilmiah untuk menjaga kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi ekstrak daun kelor secara rutin sejak usia dini, dapat mencegah terjadinya katarak dan penyakit mata lainnya.