Warga Soppeng di Serang Kupu - Kupu Putih

Warga Soppeng di Serang Kupu - Kupu Putih

Minggu, 03 Mei 2020



Karebakita.com, Soppeng-Sejumlah areal persawahan di Kabupaten Soppeng memasuki masa panen. Seperti biasanya, setiap musim panen, warga  selalu diserang dengan kawanan kupu-kupu putih berserbuk yang dampaknya jika terkena kulit menyebabkan sekujur tubuh gatal-gatal dan memar.


Kupu-kupu yang berjumlah ribuan ini mulai muncul pada petang hari dan mengikuti sumber dari cahaya lampu pada malam hari.


Relli, Warga Kampung Tobone, Kelurahan Appanang, Kecamatan Liliriaja mengatakan, kupu-kupu beracun tersebut muncul dan masuk di pemukiman warga sejak seminggu yang lalu saat petani mulai memanen padi.


“Sudah hampir seminggu kupu-kupu ini masuk pemukiman,” ujarnya


Kata dia, warga yang bersentuhan atau berada di bawah kerumunan kupu-kupu putih beracun tersebut akan merasakan kulit mereka gatal-gatal dan memar di sekujur tubuh . 


“Pokoknya gatal-gatal dan memar-memar, apa lagi anak anak” ungkapnya  Minggu 03-05-20 malam. 


Hal yang serupa diungkapkan Ahmad Sarosi merupakan warga Kampung yang sama. Mengatakan, kalau menjelang petang kupu-kupu penyebar racun gatal-gatal tersebut akan masuk ke pemukiman warga dan hingga di dinding-dinding. 


“Kalau malam lebih baik saya berada di dalam rumah daripada bepergian, apa lagi kita pengguna jalan roda dua dijalan banyak kupu-kupu dan akan terasa gatal dan menggaruk sepanjang malam kalau kena serbuknya, selain itu kulit juga memar kemerah-merahan,” ujarnya.


Upaya pembasmian dengan menggunakan obat semprot nyamuk dan serangga sudah dilakukan tapi tetap saja tidak bisa hilang.


“Hanya sedikit yang mati, lalu datang kerumunan yang lebih banyak lagi,” ungkap Ahmad Sarosi


Untuk itu, warga berharap kepada pemerintah agar segera turun dan menangani masalah tersebut sebelum semua warga terjangkit penyakit gatal-gatal seperti yang di rasakan sekarang ini 


“Pihak kesehatan segera tangani sebelum semua warga mengidap penyakit gatal-gatal,” harapnya.


*WIN*